Berpikir, menulis dan berkarya bagi Bangsa dan Negara
Menjadi pemuda harapan Bangsa dan Negara, pinginnya sih gitu :)

Senin, 18 Oktober 2010

Pop Up yang Mengganggu Blog

Hampir selama 3 hari 3 malam sampai-sampai lebaran gak pulang-pulang, blog om vampire bermasalah dengan kemunculan pop up berupa tampilan login facebook yang menampilkan suatu group dalam facebook dengan nama group "Islam is Beatiful". Jika diklik tab atau link yang ada di blog, maka dengan segera bin tanpa basa-basi dan membabi buta pop up itu muncul tanpa permisi. Walaupun memang kemunculannya cuma sekali, tetapi menurut penulis akan mengganggu pengunjung karena pop up tersebut tampilannya satu layar penuh.

Kira-kira seperti ini bentuk pop upnya (klik untuk melihat tampilan penuh):




Sebenarnya penulis sudah tahu bahwa pop up ini hanya mencari username dan password account facebook untuk kemudian digunakan hack entah fun hack atau black hack terserah yang buat pop uplah.....XP. Penulis juga sadar betul, bahwa dari hack akun jejaring sosial macam fb akan memudahkan hacker untuk menghack email dan akun-akun penting seperti akun bank (sok tahu banget wakakakak...XP). Yang penulis khawatirkan adalah jika ada pengunjung yang terpancing untuk login ke facebook gadungan itu, akibatnya kan kasihan-kasihan-kasihan!...XP

Sempat bikin jengkel dan pusing dari mana datangnya, padahal penulis tidak pernah pasang pop up di blog. Penulis kemudian membuat hipotesis awal : blog penulis di hack. Kemudian mulailah penulis melakukan blogwalking untuk menimba ilmu ke barat dari blogger-blogger senior. Tentunya dengan petunjuk Mbah google biar gak nyasar. Maklum penulis masih blogger cupu, harus banyak belajar sana-sini.

Setelah melakukan konsultasi ekstrim, salah satu blogger senior menyatakan "itu bukan hack om vampire". Kalau bukan hack, lantas apa gerangan yaaacchhh....????? unyu..unyu..unyu.. dong-dong-dong. Pernyataan itu belum memberi jawaban. Kemudian penulis meminta saran, saranpun dikeluarkan dari blogger senior "cek template dan cek widgetnya barangkali ada injection script pop up". Dan viola tak ketemulah itu script pop up "gatel".

Insting penulis sebagai "problem finder" meningkat 100 derajat celsius. Untuk selanjutnya penulis melanjutkan blogwalking ke timur sesuai arahan petunjuk dari mbah google untuk mampir ke blogger-blogger senior. Dari beberapa postingan tentang pop up dan hack tidak ada yang memberikan jawaban, dan akhirnya selama semalam suntuk tibalah di suatu blog yang nantinya postingannya akan sangat berguna untuk menulis kitab suci ini. Postingannya pas sekali dengan masalah yang dihadapi penulis. Pop up keluar tiba-tiba walau hanya sekali klik di awal. Disitu disebutkan solusi "bongkar pasanglah widget yang terpasang di blog".

Sesuai arahan posting blogger senior tersebut di atas, sekiranya bongkar pasanglah widget blog penulis. Karena penulis merasa keanehan blog merupakan kebaruan (baru-baru ini terjadi), penulis memberi batasan masalah untuk mendahulukan bongkar pasang widget yang paling baru kemudian menuju ke widget yang paling lama.

Setelah dicoba bongkar pasang widget dan viola untuk kedua kali ketemu juga kau akhirnya widget "kutu kupret". He..he.. puas sudah insting "problem finder" penulis, karena masalah ketemu dan juga terselesaikan. Tak lupa penulis ucapkan terima kasih dan salim pada blogger-blogger senior.

Kesimpulan :
Bagi para blogger khususnya blogger pemula, sebaiknya berhati-hati dalam memilih widget, karena terkadang disisipi pop up, bahkan juga mungkin ada sisipan lain (virus,spyware,malware, dll ---yang ini hanya pemikiran penulis...XP--- apapun bisa terjadi dalam dunia maya ini_red) yang nantinya akan mempengaruhi/membuat masalah hampir seluruh link/tab di blog. Sebenarnya pop up bukan masalah bagi para blogger karena pop up sering digunakan untuk membantu mencari uang bagi blogger-blogger pencari uang, tetapi sebagai blogger yang baik tentunya akan meyakinkan pengunjung bahwa "pengunjung adalah raja/ratu", kenyamanan dan keamanan mereka selama berkunjung ke blog adalah tanggung jawab blogger/pemilik blog walaupun hakekatnya merupakan tanggung jawab bersama dalam berinternet sehat...XP.

6 komentar:

i n d e r a. mengatakan...

wah klo ada kesempatan ajarkan saya om vampir...
saya kurang ngeti apakah blog saya itu sehat ato tidak. OK..!

vampire1721 mengatakan...

tinggal diencek aja blognya, jika ada yang tidak beres cek up ke dokter blog dadakan (senior-senior blogger yang lagi online)

WeruTech mengatakan...

Wah hari ini saya mengalami masalah seperti ini, setiap kali buka blog saya pasti muncul popup...padahal sy sendiri tdk pernah pasang popup...widget mana yang bermasalah gan ?

vampire1721 mengatakan...

@warutech untuk widget, cek atu-atu cuy ntar pasti kelihatan widget mana yang ngepop up #halah :)

pop up, pop ice, k-pop #APAINI

penyebab lupus mengatakan...

salam kenal ya gan

Penyakit Gagal Ginjal mengatakan...

Wah mantap benget nih ratikelnya moga sukses trus gan...

Posting Komentar