Berpikir, menulis dan berkarya bagi Bangsa dan Negara
Menjadi pemuda harapan Bangsa dan Negara, pinginnya sih gitu :)

Senin, 07 Februari 2011

Cara Kerja Alexa Traffic Rank

Saya akan berbagi sedikit pengalaman saya dari "blog penelitian saya" untuk mereka yang hobi mengejar tante Alexa,,,

Untuk mengejar traffic rank alexa maka anda harus tahu cara kerja dari alexa. Alexa menilai blog/situs anda berdasar total kunjungan dan pageviewnya. Alexa rank mempunyai 2 jenis rank, yaitu global rank dan lokal rank.

Karena blog kita berbahasa Indonesia maka lokal rank kita adalah di Indonesia atau bisa disebut blog anda sering dikunjungi orang Indonesia. Semakin banyak orang Indonesia masuk ke blog kita maka traffic lokal Anda akan semakin menciut. Tapi tahukah Anda dengan banyaknya blog/situs Indonesia maka persaingan akan terasa ketat di sekitar angka 1 - 5000 untuk traffic lokal. Ya ini juga disebabkan blogger Indonesia sangat meningkat jumlahnya. Beruntunglah bagi blogger yang sudah lama blogging.

Jenis rank yang kedua global traffic rank. Kebanyakan blogger lebih gemar mengincar yang ini. Alexa menilai berdasarkan jumlah variasi asal negara pengunjung. Semakin pengunjung bervariasi maka rank global Anda akan semakin baik.

Tetapkan Tujuan Anda
Anda boleh memutuskan mau mengincar yang lokal atau yang global. Tetapi saya yakin sesuai dengan paragraf di atas maka pasti Anda memilih global traffic rank kan? Wakakakakak. Baiklah begini kalo Anda berminat menaikkan dengan cepat, Anda wajib memiliki 1000 per hari. Untuk newbie itu sulit, tetapi untuk yang punya pengalaman itu biasa. Kita bisa memakai perbandingan seperti ini 1000 pengunjung dari berbagai negara itu lebih baik daripada 1000 pengunjung dari Indonesia saja.

Jadi karena blog kita berbahasa Indo maka saya sarankan seperti ini 
1000 pengunjung = 500 pengunjung Indo + 500 pengunjung dari 5 negara atau lebih.
Semakin bervariasi negara maka semakin baik. Contoh =

1000 pengunjung = 500 pengunjung Indo + 200 pengunjung AS + 300 pengunjung Malay
lebih baik daripada
1000 pengunjung = 500 pengunjung Indo + 500 pengunjung AS

Negara yang bisa Anda jadikan pilihan untuk pengunjung yang mudah dijangkau =
1. AS
Tidak salah jika AS menguasai dunia maya, karena merekalah penciptanya. Teknologi perkomputeran dan software juga dari sono. Operating System sekelas Windows juga dari sono. Google yang punya bloggerpun berasal dari AS. Facebook juga dari AS. Kalo blog anda sering mendapat kunjungan orang AS itu akan memberi pengakuan secara tak langsung untuk blog Anda. Blog Anda akan bernilai lebih. Caranya gimana ? Bergabunglah di social bookmark, blogwalking ke situs/blog AS dan jangan ragu untuk kasih comment berlink di situs/blog  AS. Lumayan untuk backlink. Berkomentarlah yang baik supaya tidak dianggap SPAM. 

2. Negara berbahasa Melayu : Malaysia, Singapura
Keuntungan menggaet pengunjung berbahasa melayu adalah bahasa melayu hampir sama dengan bahasa Indonesia. Itu mungkin lebih mudah.

3. Cina
Cina adalah negara dengan jumlah penduduk terbesar.

4. Negara-negara maju = Inggris, Jepang dll

5. Negara-negara yang perkembangannya cukup signifikan = India dll

Tips paling mutakhir
Kalo Anda berniat go internasional dengan pengunjung global, saya sarankan gunakan blog/situs berbahasa inggris.

Bersaing dengan blog/situs lawas/lama
Ini adalah tantangan yang cukup besar untuk blogger baru. Bersaing dengan situs/blog yang sudah lama ngendon/hinggap di dunia maya itu cukup berat. Maka jika Anda ingin cepat menaikkan ranking blog Anda di Alexa maka berpikirlah untuk mendatangkan pengunjung 2 kali lipatnya dari blog/situs lawas. Misal blog lawas itu pengunjung itu 500 per hari maka jika Anda ingin bersaing dengan dia, blog Anda harus mendapat 2 kali lipatnya seperti yang saya jabarkan di atas 1000 per hari. Kalo blog/situs lawas mendapat kunjungan 1000 per hari maka target Anda 2000 per hari.  Kalo blog/situs lawas mendapat kunjungan 10.000 per hari maka target Anda 20.000 per hari. Begitu seterusnya sampe Anda muak sendiri. Yang dihitung Alexa adalah total keseluruhan pengunjung. Kalo Anda hanya bisa mendatangkan 500 pengunjung per hari dan blog lawas yang ingin Anda saingi juga mendapat kunjungan 500 pengunjung per hari, maka blog anda saya jamin akan sulit untuk bersaing. Strateginya jika terpaksa sama jumlah pengunjungnya, seperti yang saya tulis di atas buatlah variasi negara yang banyak. Misal 500 pengunjung dari 100 negara (kalo perlu 500 pengunjung dari 1000 negara wakakakakak). Maka dari itu buatlah blog internasional dengan berbahasa inggris itu akan memudahkan variasi pengunjung.

Jangan remehkan google pagerank
Semakin baik google pagerank blog/situs Anda, maka jika ada kata yang menyenggol sedikit saja pada keyword di blog/situs Anda ketika pengunjung searching di google, maka akan membuat blog Anda terdaftar di halaman utama search engine google. 

Anda pasti juga tahu umumnya pengunjung itu terlalu percaya dengan kemampuan search engine google dalam mencari artikel yang seperti "mencari 1 jarum berwarna kuning di tumpukan jerami" di dunia maya sehingga yang dibuka hanya situs/blog yang berada di halaman pertama.

Karena itu begitu pentingnya google PR, di sela-sela mendatangkan traffic dengan promosi blog di social bookmark atau lainnya, maka Anda sebagai blogger wajib juga untuk mengincar pagerank. 

Caranya gimana? Saya juga masih penasaran untuk mendapat ini, saya tidak punya pengalaman. Tetapi dari pengamatan saya "semakin original isi content situs/blog Anda maka semakin baik pagerank Anda". 

Kalo menurut saya pagerank itu sangat penting untuk blogger yang tiap hari tidak berada di depan komputer (blogger yang punya kesibukan di dunia nyata). 

Kalo blogger yang di dunia nyata pengangguran sih gak masalah bisa update dan promosi tiap hari. 

Ato emang situs yang harus update tiap hari seperti situs berita dan situs stasiun TV mah gak masalah kan ada pegawai n reportenya.

Untuk Anda yang malas/muak update dua ampe tak terbatas content/hari saya punya saran =
- Jika Anda blogger auto content = FUCK YOU
- Jika Anda bukan blogger auto content saya tidak menyarankan Anda untuk jadi blogger autocontent, saya sarankan untuk menjadi blog/situs yang sering dikunjungi. Situs swalayan itulah salah satu solusinya.

Situs swalayan adalah situs yang membiarkan pengunjung untuk aktif. Anda tinggal membuat situs dengan tampilan yang baik/sesempurna mungkin dan situs wajib dapat compatible di semua browser kalo perlu compatible di mobile internet (WAP).

contoh =
1. serach engine = orang masih percaya search engine untuk mencari situs, pengunjung aktif untuk mengetik sendiri apa yang ia cari.
contoh = google, yahoo, dll

2. sosial network = situs menghubungkan dengan teman-teman mereka sendiri, pengunjunglah yang aktif mencari teman mereka.
contoh = facebook, twitter, friendster, my space, plurk, koprol, dll

3. situs tempat menulis = situs yang memberi peluang untuk pengunjung untuk menulis artikel apapun juga dan dibaca  pengunjung member atau pengunjung umum
contoh = shvoong.com, kompasiana, dll

4. situs penyimpan data = situs sebagai penyimpan data (berupa doc, pdf, gambar, foto, audio, video). Pengunjung aktif upload dan download data.
contoh = youtube, metacafe, 4shared, ziddu, picassa, flickr dll

5. situs forum = situs yang membiarkan pengunjung aktif membuat thread sendiri untuk didiskusikan di forum. Pengunjung juga aktif memberi posting komentar di thread lain.
contoh = kaskus.us, dll

6. situs social bookmark = situs ini memberi peluang blogger untuk mempromosikan blognya. Bloggerlah yang aktif untuk submit link artikelnya
contoh = lintas berita, infogue, dll

7. situs shorten link = situs yang memudahkan untuk memendekkan alamat situs, pengunjung aktif untuk mengisi link yang dipendekkan dengan huruf acak.
contoh = bit.ly, dll

8. situs free template = situs yang memberikan web designer untuk berpromosi design webnya dengan memberikan secara gratis. Web designerlah yang aktif untuk submit ke situs free template itu. Blogger/pembuat web juga aktif berkunjung untuk mencari tampilan yang baik untuk blog/situsnya.
contoh = zoom, dll

9. blog = wakakakak sudah tak perlu saya jelaskan, yang baca tentang "tante alexa" adalah blogger.
contoh = blogger, wordpress, tumblr, blogdetik, multiply, etc

10. dll, cobalah cari inspirasi di dunia maya.

Situs-situs swalayan adalah saingan terberat blogger.

Begitulah sekiranya saya hanya membagi yang saya tahu,,, Kalo ada yang salah, ya harap maklum karena saya hanya blogger cupu.

11 komentar:

indo mengatakan...

kakak aku mau nanya donk, itu yang buat beranda, sekilas info, salam hangat,dll giman kak??
mohon petunjuknya...

sekalian dehnumpang kak..
http://ptc-tian.blogspot.com/

vampire1721 mengatakan...

itu cuman buat page doang kok

buka posting, klik edit page, klik new page, dan silahkan dibuat dah

kalo blogger versi baru pada saat publish sudah ada beberapa pilihan, coba aja satu-satu

kalo blogger versi lama lakukan langkah selanjutnya buka desain > add gadget > pilih pages > silahkan diatur bagaimana letaknya

nas mengatakan...

jasa buat account google adsense hanya 30rb, bisa di blog bhs indonesia, berminat? call/sms 02168936593

indo mengatakan...

cuma bisa satu gan, cuma beranda udah tu gak bisa di tambhakan??
tolong ya gan, maklum newbie..!! :D

vampire1721 mengatakan...

@ indo : waduh... kan udah dijelasin di atas ^_^

buka posting, klik edit page, klik new page, dan silahkan dibuat dah

kayak buat posting cuman yang ini di page bukan di posting

Erianto Anas mengatakan...

Hmmm.... menarik ulasannya mas. Terutama 10 point tempat-tempat promosi blog.

Soal rank alexa Global dan Lokal, menurut saya bukan dipisahkan begitu. Tapi alexa hanya hitung dari jumlah total pengunjung. Tanpa peduli pengunjungnya harus dimana.

Dari situlah tingkat popularitas blog kita diranking. Dan perbedaan ranking secara Internasional dan LOkal itu hanya pemetaan saja. Dimana untuk International, rank jumlah pengunjung blog kita dibandingkan dg jumlah pengakses pada blog-blog dunia. Sedang rank lokal, alexa membandingkannya dg blog-blog lokal.

Karena banyak kok blog blog bhs Inggris kalah oleh blok Nasional, spt Kaskus, Kompas.com, Detik.com misalnya. Padahal itu situs berbahsa Indonesia.

Ini analisa saya.

Terus soal Google PR.
Menurut saya nilai Google PR tidak pengaruh pada SEO di mesin pencari. Karena PR itu ranking yang diberi Google berdasarkan seberapa banyak backlink ke blog kita.

Banyak kok blog-blog yang masih sepi pengunjung dan SEOnya lemah, malah sudah PR 4. Hanya saja PR itu memang berpengaruh utk imeg blog kita. Karena blog yang sudah PR tinggi sdh lazim dianggap blog yang berkualitas, walaupun kenyataannya tkd berbanding lurus.

Tapi kalau saya pribadi lebih mengutamakan Alexa. Karena Alexa sulit dicari-cari. Gimana mau mencari-cari jumlah pengunjung 10 rb perhari misalnya, kalau bukan karena SEO dan kekuata konten? Tapi PR bisa diakali dengan menebar link sebanyak-banyaknya di blog lain. Dengan rajin berkomentar si blog-blog lain saja bisa mendongkrak nilai PR. Tapi Alexa (jumlah pengunjung yang ribuan) mana bisa.

Tapi sekali lagi, ini berdasarkan pengalaman menurut saya.

roelly87.blogspot.com mengatakan...

Terima kasih untuk Vampire1721 atas Infonya.
Saya baru tahu.
Salam kenal ya ^_^

andi mengatakan...

pencerahan yang membuat aku klimaks......muantab..
salam kenal bos !!!

Matari Cargo ( MC Express ) mengatakan...

masukan sekaligus pencerahan ni,mantep gan
o iya gan singgah di blog usaha aku ya agan2,mohon kritik dan sarannya
http://mataricargo.blogspot.com

DAH mengatakan...

Salam Kenal Om Vampire1721, kalau blog saya malah lucu Om, berdasarkan histat counter, visitor lebih banyak ke blog saya setiap hari dibanding blog lain (lama dan baru), tetapi alexa traffic rank saya malah susah naik, adakah formula terbaru cara kerja alexa traffic rank? mohon pencerahannya

Wiyana Phb mengatakan...

Makasih atas infonya sangat membantu banget >> https://zona-gamepc28.blogspot.com/

Posting Komentar